Kegiatan distribusi dilaksanakan oleh PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD), anak perusahaan yang bertugas untuk mendistribusikan produk-produk farmasi yang diproduksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk ke channel-channel yang tersebar ke seluruh nusantara.

Dalam rangka memperluas pangsa di pasar farmasi nasional dan internasional, Perseroan senantiasa memastikan bahwa seluruh cabang memperoleh sertifikat dan memahami dengan baik Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB), serta berupaya mengurangi terjadinya sales opportunity loss yang saat ini masih berada di kisaran 26%

Jalur Distribusi

Jalur distribusi Kimia Farma diawali dari Pabrik Kimia Farma yang kemudian disalurkan kepada Pedagang Besar Farmasi (PBF). Selanjutnya, PBF akan menyalurkan atau mendistribusikan obat tersebut kepada Apotek, Instalasi Farmasi Dumah Sakit, Balai Pengobatan dan Toko Obat

Khusus untuk sediaan farmasi berupa narkotika dan psikotropika memiliki jalur distribusi khusus. Untuk narkotika hanya bisa disalurkan dari Industri Farmasi kepada Pedagang Besar Farmasi tertentu, Apotek, sarana penyimpanan sediaan farmasi pemerintah tertentu, dan Rumah Sakit. Kemudian dilanjutkan dari PBF disalurkan kepada PBF tertentu lainnya, apotek, dan lembaga ilmu pengetahuan.

Sebagai upaya untuk melaksanakan aktivitas distribusi sebaik-baiknya serta dalam menunjang program JKN, KFTD telah memperluas jaringan distribusinya menjadi sebagai berikut :

  • 47 Pedagang Besar Farmasi (PBF)
  • 1 Gudang Logistik