Kegiatan Ritel Farmasi

Kegiatan usaha Perseroan di bidang ritel farmasi, klinik kesehatan dan laboratorium klinik secara fokus dikelola oleh Anak Perusahaan, PT Kimia Farma Apotek (KFA)

PT Kimia Farma Apotek (KFA) dibentuk dan mulai beroperasi pada tanggal 4 Januari 2003 sebagai anak usaha Perseroan yang akan berfokus pada kegiatan usaha ritel farmasi dan layanan kesehatan.

Dengan visi :

Menjadi perusahaan jaringan layanan kesehatan yang terkemuka dan mampu memberikan solusi kesehatan masyarakat di Indonesia

dan misi :

1. Jaringan layanan kesehatan yang terintegrasi meliputi jaringan apotek, klinik, laboratorium klinik dan layanan kesehatan lainnya

2. Saluran distribusi utama bagi produk sendiri dan produk principal

3. Pengembangan bisnis waralaba dan peningkatan pendapatan lainnya (fee-based Income)

Melalui anak perusahaannya yaitu PT Kimia Farma Apotek, Perseroan menjadi pemimpin di pasar ritel farmasi dengan jumlah apotek sampai dengan September 2016 yaitu sebanyak 800 apotek. Penambahan outlet apotek menjadi salah satu strategi KFA untuk meningkatkan penetrasi pasar, diantaranya melalui program franchise dan KSO

Klinik Kesehatan
Sebagai perwujudan visi menjadi korporasi di bidang kesehatan terintegrasi, Perseroan mengembangkan produk layanan klinik kesehatan terintegrasi dengan apotek dan laboratorium klinik. Unit usaha yang sejak Maret 2009 dikelola oleh KFA ini menyediakan jasa pengobatan kuratif, penanganan gawat darurat tingkat pertama, bedah minor, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kesehatan berkala, tumbuh kembang dan pemeriksaan kehamilan, keluarga berencana, deteksi dini, rehabilitasi medik terbatas, penyuluhan kesehatan, pelayanan K3 tingkat primer, kunjungan ke rumah (home care service) dan rujukan. Sampai dengan September 2016 terdapat 350 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk klinik pratama dan utama.

Laboratorium Klinik
Laboratorium klinik yang dibangun untuk melengkapi portofolio bisnis Perseroan ini, bergerak dalam bidang jasa layanan pemeriksaan kesehatan (medical check up – MCU). Sejak Januari 2010 pengelolaannya telah diserahkan kepada KFA dalam bentuk anak perusahaan bernama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD). Pada tahun 2016 KFD telah memiliki total 43 cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Strategi dan Fokus Program

Jajaran manajemen menerjemahkan inisiatif strategi dalam strategy map perusahaan dan menjabarkannya dalam berbagai inisiatif program yang lebih terfokus untuk mencapai target-target bisnis.

strategiKFA