DIY, 10 Desember 2015, PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara IX tengah melaksanakan pembekalan kepada para siswa berprestasi asal DIY untuk diberangkatkan menuju Kendari.

 

Selama kurang lebih dua minggu (empat belas hari), siswa berprestasi asal DIY akan diajak oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Kawasan Industri Medan (Persero), PT Perkebunan Nusantara XI mengenal kebudayaan Sulawesi Tenggara.

 

Program "Siswa Mengenal Nusantara" dengan kegiatan "Pertukaran Pelajar SMU Seluruh Nusantara 2015" sendiri merupakan rangkaian progrum BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam rangka memperingati 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, diikuti oleh 17 pelajar berprestasi dari tiap provinsi mewakili Kota/Kabupaten pada setiap Provinsi, beserta 3 orang pendamping (1 orang dari Dinas Pendidikan, 1 orang dari Dinas Pariwisata dan 1 orang Guru Teladan).

 

Selain untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantaradan melalui pemahaman nyata terhadap keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi proses pertukaran informasi dan pengalaman, kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi BUMN dalam berperan serta "Memb“ngun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui Generasi Penerus Bangsa”, yang sekaligus perwujudan nyata “Gerakan Nasional Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka”. (Seno)