PT Kimia Farma (Persero) Tbk memperoleh penghargaan HR Asia’s Best Companies To Work For in AsiaTM (Chapter Indonesia), suatu penghargaan dalam bidang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Acara yang diselenggarakan oleh Majalah HR Asia yang berkedudukan di Malaysia, media publikasi sumber daya manusia dengan jumlah sirkulasi terbesar di Asia. Selain di Indonesia penghargaan ini juga diselenggarakan di Malaysia, Hong Kong dan Singapura.

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Duta Mutiara Ballroom 1&2 Hotel J.W.Marriot Jakarta tanggal 8 April 2016, Kimia Farma berhasil menjadi pemenang industri sektor Kimia dan Farmasi dari 138 perusahaan berbagai bidang industri di Indonesia yang disurvey. Perusahaan pemenang dipilih melalui survey kepada representasi karyawan berdasarkan masa kerja di perusahaan yang mengkaji engagement karyawan, lingkungan bekerja perusahan, kegiatan-kegiatan Sumber Daya Manusia, keterlibatan karyawan dan tingkat kepuasan bekerja.

“Kami atas nama manajemen Kimia Farma menyampaikan terima kasih kepada majalah HR Asia atas penyelenggaraan acara ini. Terima kasih pula kepada karyawan Kimia Farma seluruh Indonesia yang telah memusatkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan Kimia Farma. Tanpa dukungan dari seluruh karyawan, Kimia Farma tidak akan menjadi seperti ini. Kami akan senantiasa berupaya untuk menjaga dan meningkatkan engagement karyawan kepada Kimia Farma” tutur Pujianto, Direktur yang mewakili Kimia Farma dalam malam penganugerahan.

Dalam penentuan perusahaan pemenang, para peserta survey diminta memberikan penilaian atas pernyataan-pernyataan yang ada mengenai atasan mereka, dan apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan setiap pernyataan yang ada. Berdasarkan dari hasil survey, 3 hal yang memiliki nilai tertinggi atau yang dianggap menarik oleh karyawan-karyawan mengenai pekerjaan mereka yaitu:

1.         Keperluan untuk Memenuhi dan Melampaui Ekspetasi Pelanggan

2.         Bangga dengan Tempat Perusahaan Bekerja

3.         Memahami Apa yang Diharapkan dari Mereka di Tempat Bekerja

Di sisi lain, 3 hal yang dapat ditingkatkan oleh perusahaan, menurut karyawan yaitu :

1.         Menerima Penghargaan atas Prestasi yang Baik

2.         Kepercayaan Terhadap Atasan

3.         Pemeliharaan Karyawan

“Sebagian besar karyawan dari pemenang puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka percaya bahwa mereka memberikan kontribusi kepada perusahaan dan merasa dihargai atas kontribusi mereka. Faktor pentingnya ialah karyawan-karyawan telah memupuk rasa kepemilikan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Para karyawan termotivasi dan terinspirasi untuk memberikan yang terbaik, karena mereka menyadari bahwa kerja kerjas mereka akan diakui dan dihargai,” tutur Caroline Ang, General Manager dari Business Media International, penerbit HR Asia..

“Saat ini, di mana talenta-talenta bagus sulit ditemukan, memiliki lingkungan bekerja yang bagus tidaklah cukup. Keterlibatan karyawan sangat penting untuk menarik bakat-bakat bagus dan mempertahankan mereka,” lanjut Caroline Ang.