Sejarah Kimia Farma

PT Kimia Farma (Persero) Tbk atau Kimia Farma telah berkembang menjadi perusahaan dengan pelayanan kesehatan (Healthcare) terintegrasi di Indonesia. Bidang usaha Healthcare Kimia Farma didukung oleh kegiatan manufaktur farmasi, riset dan pengembangan, distribusi dan perdagangan, pemasaran, ritel farmasi, serta laboratorium klinik dan klinik kesehatan.

Selama beberapa tahun terakhir, Kimia Farma telah membuat kemajuan yang signifikan dan terobosan di banyak bidang bisnis Healthcare yang dijalankan. Sejalan dengan Program Kemandirian Bahan Baku Obat Nasional yang tertuang dalam roadmap Kementerian Kesehatan serta didukung dengan adanya Paket Kebijakan Ekonomi XI yang dituangkan dalam Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan, Kimia Farma membangun fasilitas produksi yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan akan impor Bahan Baku Obat (BBO). Pada akhirnya, Indonesia mampu mandiri dalam produksi BBO.

Sebagai agen bisnis di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kimia Farma terus berekspansi untuk menjadi perusahaan yang memiliki daya saing unggul. Sejak pertengahan tahun 2017, manajementelah mencanangkan tiga program prioritas untuk mencapai target Tiga Besar Industri Farmasi Nasional di tahun 2019, yakni :

  • Meningkatkan sumber daya manusia yang andal dan kompeten

Pondasi dari implementasi tiga program prioritas tersebut adalah melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui penjabaran strategi ini, manajemen berupaya untuk mendorong laju produktivitas agar Kimia Farma dapat meningkatkan daya saing industri.

  • Digitalisasi

Untuk menjadiperusahaan Healthcare terkemuka, Kimia Farma menerapkan digitalisasi secara end-to-end, yaitu implementasi teknologi informasi dari hulu ke hilir. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, membuat proses bisnis semakin cepat, dan meningkatkan sales.

  • Strategi aliansi

Guna meningkatkan posisi dan daya saing Kimia Farma ke depannya, makadiperlukan strategi aliansi atau strategic alliance.Hal ini merupakan salah satucara dalam menjalankan aktivitas fungsi bisnisyang berorientasi pada tujuankerjasama jangka panjang antara dua perusahaan dalam mengelola peluang dan risikountukpeningkatanmanfaat.

Menjelang memasuki usia setengah abad pada tahun 2021, Kimia Farma berkomitmen untuk semakin memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di seluruh pelosok nusantara. Di samping itu, Kimia Farma juga bertekad untuk mencatat kinerja positif dari waktu ke waktu demi meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingan (stakeholder).

 

 

 

 

STOCK PRICE

grafik KAEF.JK
3.280 (+1,70%)
Prev Close : 2.350
Volume : 31.800
BPOMLogo Badan POM kemenbumnlogo Kementerian BUMN
Kemenkeslogo Kementerian Kesehatan beilogo PT. Bursa Efek Jakarta

CURRENCY RATES