PROGRAM KLINIK APUNG KIMIA FARMA RAIH CSR AWARDS 2023

Kimia Farma berhasil meraih penghargaan B-Universe CSR Awards 2023 kategori Healthcare & Consumer lewat program Klinik Apung Kimia Farma - Menjangkau yang Tak terjangkau. Kimia Farma berkomitmen untuk menciptakan program CID (Community Involvement and Development) yang berangkat dari isu di masyarakat, yang mana minimnya akses kesehatan masyarakat kepulauan, ketersediaan alat kesehatan dan tenaga medis belum memadai, keterbatasan finansial masyarakat, dan minimnya kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih sehat (PHBS). Oleh karenanya, Klinik Apung hadir menjadi solusi dalam penyediaan fasilitas kesehatan untuk wilayah pedesaan khususnya daerah kepulauan yang tidak terjangkau dari fasilitas kesehatan dengan merujuk kepada SDGs nomor 3 tentang kehidupan sehat dan sejahtera.

 

Sementara itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan ini membagi komitmen berdasarkan 4 pilar yaitu KAEF Hebat, KAEF Hijau, KAEF Sehat dan KAEF Kreatif.

 

“Kimia Farma menginisiasi program berdasarkan pada kondisi masyarakat Indonesia dengan berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola,” jelas M. Rony Hidayat selaku General Manager Umum dan Teknologi Informasi PT Kimia Farma Tbk di acara CSR Awards 2023 yang diselenggarakan B-Universe, di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

 

CSR prioritas Kimia Farma fokus kepada dampak, tata kelola yang diperbaiki, memanfaatkan teknologi, peningkatan keterlibatan karyawan, serta program kolaborasi. Ada 3 prioritas CSR yang difokuskan oleh Kimia Farma, yakni pendidikan, lingkungan dan peningkatan UMKM.

 

Prioritas pendidikan bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam peningkatan pendidikan agar generasi ke depan mampu bertahan dan mampu memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Prioritas lingkungan berpartisipasi dalam green action dengan melakukan penanaman pohon di beberapa wilayah. Terakhir, prioritas peningkatan UMKM di mana perusahaan berpartisipasi agar UMKM bisa naik kelas dan mampu bersaing lebih kuat dan lebih profesional.

 

Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kimia Farma dibuat guna menemukan titik keseimbangan antara peningkatan kinerja perusahaan dengan pengembangan masyarakat, yang mana program-program tersebut dapat memberikan imbal balik atau shared value yang positif terhadap perusahaan.