KOMITMEN KAEF DALAM PROGRAM ORANG TUA ANGKAT JAMU BPOM

Ambon, 10/02/2023 - telah dilaksanakan penandatanganan komitmen dan penyerahan bantuan Program Orang Tua Angkat Jamu di Hotel Santika Premier Ambon dengan tema "Membangun Kejayaan Baru Jalur Rempah Indonesia". Program Orang Tua Angkat Jamu merupakan kolaborasi Kimia Farma dengan BPOM dan perusahaan lainnya yang mana tujuan dari program tersebut untuk memberikan bantuan dan pendampingan pelaku usaha 20 UMKM Pangan serta 50 Pengusaha Jamu Gendong.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPOM turut menyaksikan penandatanganan komitmen OTA bagi UMK Pangan dan Obat Tradisional di Maluku dan menyerahkan secara langsung kepada pelaku UMK di Maluku berupa Nomor Izin Edar untuk produk obat tradisional dan pangan olahan, sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) Tahap I dan Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB); serta sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Pangan Olahan (SMKPO).

Untuk meningkatkan daya saing UMKM jamu tradisional, termasuk jamu gendong tradisional, BPOM menggandeng industri obat tradisional besar melalui program Orang Tua Angkat. Produk jamu tradisional yang dijual sudah diawasi BPOM sehingga tak ada keraguan lagi dari masyarakat. Dalam agenda penandatanganan komitmen program dan pemberi bantuan, diwakilkan oleh Manager Bisnis Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Makassar.

Diharapkan kegiatan pendampingan UMKM dalam program ini dapat memotivasi agar para pelaku UMKM dapat berkomitmen dalam menyediakan produk berkualitas yaitu produk yang aman, berkhasiat, bermanfaat, dan bermutu.