Agent of Change beserta PKBL & CSR Kimia Farma Peduli Korban Kebakaran Krukut

Jakarta, (2/02) - Kebakaran terjadi di 10 RT (Rukun Terangga) di Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat pada 27 Januari 2018. Ratusan rumah di kawasan permukiman habis dilalap si jago merah. Sebanyak 1.327 orang, 386 diantaranya anak-anak, kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi.

Agent of Change (AoC) Kantor Pusat beserta Sub Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan & Corporate Social Responsibility (PKBL & CSR) PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Perseroan) menggalang gerakan Peduli Korban Kebakaran. Para pegawai Perseroan menyalurkan donasi baik uang maupun barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

Jumat, 2 Februari 2018, AoC Kantor Pusat beserta PKBL & CSR Kimia Farma bergerak menuju lokasi pengungsian yang tak jauh dari Kantor Pusat Perseroan. Cuaca panas terik tak menyurutkan semangat mereka untuk mendistribusikan bantuan ke Posko Bantuan Bencana, Posko Kesehatan dan melihat secara langsung area permukiman sisa kebakaran. Beberapa diantaranya pun berinteraksi dengan warga di tempat pengungsian.

Dalam kesempatan ini, Perseroan memberikan bantuan berupa obat-obatan, vitamin, peralatan mandi, perlengkapan balita, sembako, dan pakaian. Diharapkan ketersediaan bantuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan para pengungsi hingga beberapa waktu ke depan lantaran mereka mendiami tenda pengungsian dalam rentan waktu 6 bulan untuk renovasi kediaman.

Selain untuk meringankan beban yang dipikul oleh para pengungsi, kegiatan Peduli Korban Kebakaran ini merupakan wujud aksi AoC Kantor Pusat beserta PKBL & CSR Kimia Farma dalam mengimplementasikan budaya perusahaan ICARE yang tidak hanya berdampak di lingkungan internal Perseroan saja akan tetapi juga untuk masyarakat sekitar.

Agent of Change atau AoC merupakan karyawan pilihan di Perseroan sebagai pemicu atau "katalis" perubahan perilaku karyawan agar menerapkan budaya perusahaan ICARE (Innovative, Customer First, Accountable, Responsible, Eco Friendly). AoC terpilih harus memiliki nilai-nilai ICARE tersebut dan mampu mempengaruhi lingkungan sekitarnya untuk dapat mengimplementasikan ICARE sehingga memberikan dampak positif terhadap kinerja Perseroan.

PREVIOUS INFORMATION


Kimia Farma Berbagi Kasih untuk Pengungsi Gunung Agung


 
"Satu langkah kecil wujudkan masyarakat sehat "


Karangasem (27/1) - Sejak mengalami erupsi freatik pada bulan November tahun silam, Gunung Agung masih mengalami erupsi. Tak pelak, masyarakat terdampak bencana tersebut masih tinggal di pengungsian. Saat ini pengungsi di Kabupaten Karangasem yang masuk Kawasan Rawan Becana Zona 6 Km dari puncak Gunung Agung kurang lebih 11.484 jiwa tersebar di 163 titik.
 
Sebagai wujud komitmen PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Perseroan) dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan, Perseroan dan IIKKF (Ikatan Istri Keluarga Kimia Farma) bekerjasama dengan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia Provinsi Bali yang merupakan Swadaya Masyarakat bergerak dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan bidang kesehatan, menyelenggarakan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan kepada warga pengungsi erupsi Gunung Agung di Desa Sibetan, Bebandem, Karangasem. Perseroan juga memberikan bantuan berupa obat-obatan dan logistik berupa lauk pauk dan sayuran untuk membantu Pemerintah menangani warga terdampak erupsi Gunung Agung.
 
Selain itu, Perseroan menggelar program Trauma Healing guna memulihkan kondisi traumatis para pengungsi terutama anak-anak dan memberikan bantuan tas beserta perlengkapan alat tulis kepada anak-anak pengungsi, sehingga anak-anak akan berlatih sabar, lebih bahagia dan melupakan kesedihanyang mereka alami.
 
Program CSR yang bertema "Satu langkah kecil wujudkan masyarakat sehat" ini dilaksanakan selama 2 hari mulai 27 hingga 28 Januari 2018. Setidaknya terdapat 1.194 jiwa dari tiga pos pengungsi di Desa Sibetan, dapat memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Bantuan CSR disampaikan secara simbolis oleh Direktur Keuangan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, IGN Suharta Wijaya kepada Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri.
 
"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Kimia Farma terhadap saudara-saudara kami, warga terdampak erupsi Gunung Agung. Kami ingin memastikan saudara-saudara tetap dalam kondisi yang fit dan sehat meskipun tetap tinggal di pengungsian. Sehingga saudara-saudara bisa tetap menjalankan aktivitas dan bekerja dengan semangat lagi," tutur Suharta saat penyerahan bantuan pada 27 Januari 2018.
 
Sebelumnya, Perseroan juga telah menyalurkan bantuan obat-obatan kepada warga terdampak erupsi Gunung Agung pada 25 September 2017.
 
Perseroan berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara yang terdampak erupsi Gunung Agung. Perseroan terus berupaya ikut ambil bagian dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia, tidak hanya melalui produk-produknya saja akan tetapi juga melalui kegiatan CSR seperti ini.
 

Management Ramadhan Safari's Activities

As a series of Ramadhan Safari activities, the Board of Directors conducts Fast Breaking with Orphans at Semarang Plant together with Kimia Farma Apotek Kimia Business Unit as well as Branch Manager of Kimia Farma Trading Distribution of Central Java Region

Read more ...